Tips dan Cara Melakukan Blogwalking Yang Efektif

|| || , || 118 komentar

Tips dan Cara Melakukan Blogwalking Yang Efektif - Untuk membuat blog anda ramai pengunjung, maka anda harus memperkenalkan atau mempromosikan blog saudara ke para blogger maupun semua orang. Salah satunya adalah dengan melakukan blogwalking ke blog-blog tetangga atau sahabat. Oleh karena itu di sini saya akan membahas artikel tentang BLOGWALKING

Apa Itu Blogwalking? 

Blogwalking adalah suatu aktivitas di mana kita mengunjungi blog-blog lainnya dalam rangka silaturahmi. Nah untuk menarik pengunjung biasanya para blogger (termasuk saya) melakukan aktivitas blogwalking. Jadi singkatnya blogwalking adalah jalan-jalan, hehehe...

Apa Manfaat Blogwalking?

Blogwalking memiliki manfaat sebagai berikut: 

a. Sebagai Media Untuk Membangun Tali Silaturahmi
b. Sebagai cara mempromosikan blog gratisan
c. Sebagai media, atau cara mendapatkan backlink
d. Sebagai media untuk mendapatkan banyak pengunjung
e. Sebagai media untuk saling berbagi pengetahuan
f. Sumber inspirasi dalam membuat artikel.

Hal-Hal Yang Membuat Blogwalking Menjadi Sia-Sia

Ternyata blogwalking itu tidak selalu memberikan manfaat seperti di atas bagi kebanyakan blogger. Karena masih banyak sekali blogger yang egois dan mementingkan diri sendiri hanya untuk mengutamakan backlink dengan cara menjadi blog SPAMMER. Padahal jika kita pahami lebih dalam, menjadi spammer itu hanya akan membuat blogwalking kita sia-sia. Kenapa? berikut jawabanya :

  1. Komentar yang bersifat SPAM akan langsung dihapus oleh admin blog sehingga blog walking kita menjadi sia-sia, yang tadinya ingin mendapatkan backlink, yang ada malah rugi karena kita  sudah rela memakai waktu kita untuk berkomentar, ternyata komentar kita tidak disetujui dan malah dihapus. 
  2. Tidak disukai oleh orang lain, blogger tukang nyepam tidak akan disukai banyak orang,  karena tujuannya bukan untuk bersilaturahim, tapi hanya untuk sekedar nyebarin link yang belum tentu link tersebut akan bermanfaat atau tidak nantinya.
  3. Memiliki reputasi buruk di mata mesin pencari seperti google, karena blog yang suka nyepam kurang di sukai oleh google dan blog anda tentunya nanti akan dicap jelek oleh mesin pencari google.

Cara Melakukan Blogwalking Yang Efektif?

Agar kegiatan blogwalking yang kita lakukan tidak sia-sia, ada beberapa hal yang harus dilakukan, diantaranya :

a. Berkomentarlah sesuai topik / tema artikel.

b. Jangan mencantumkan live link didalam isi komentar

c. Gunakan akun "Name/URL" jika anda ingin menanam link, misalnya :

- Name : Isi dengan nama anda / judul blog / atau keyword ( jika diijinkan )
- URL : Isi dengan alamat blog anda atau alamat postingan anda

d. Setiap kali kita berkunjung ke blog lain usahakan untuk meluangkan waktu untuk saling bertukar link ( link Exchange ) dan saling follow blog.

e. Tinggalkan komentar yang menarik sehingga dapat menarik perhatian admin blog dan blogger lain untuk berkunjung ke blog kita

Tips Melakukan Blogwalking

  • Lakukanlah blogwalking secara rutin tiap hari atau seminggu sekali dengan waktu antara 30 menit sampai 1 jam minimal ke 10 blog terutama yang ber-pagerank tinggi. Jika blog yang dikunjungi itu ber-pagerank tinggi, maka otomatis kamu berkomentar di blog yang terpercaya dengan jumlah pengunjung yang banyak dan mempunyai kesempatan mendapatkan trafik lebih banyak dari pembaca lain yang meng-klik link yang kamu pasang di komentar tersebut.
  • Carilah blog yang sesuai dengan minat kamu. Hal ini dikarenakan jika sesuai dengan minat kamu, maka kamu akan mendapatkan keasyikan tersendiri dalam berkomentar karena otomatis kamu akan tertarik untuk membaca artikel-artikel tersebut.
  • Jika kamu sibuk, utamakanlah blog-blog yang wajib kamu kunjungi. Buat tabel yang berisi blog-blog yang memiliki pagerank yang tinggi dan juga beraliran dofollow agar hasilnya nanti lebih maksimal.
  • Berkomentarlah sesuai isi artikel agar tidak di anggap spam dan supaya nyambung dengan isi artikel. Hindari komentar "salam kenal", "halo", "info bagus", "mantap" apalagi ditambah dengan permintaan kunjungan balik.
  • Berkomentarlah dengan bahasa dan makna yang bukan negatif atau propokatif. 
  • Dan juga ikuti dan patuhilah perarturan-peraturan untuk berkomentar pada blog tersebut agar komentar anda disetujui untuk ditampilkan.  
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
Judul: Tips dan Cara Melakukan Blogwalking Yang Efektif
Ditulis Oleh Unknown
Artikel ini dipatenkan pada www.myfreecopyright.com, Jika mengutip harap berikan link balik yang menuju artikel Tips dan Cara Melakukan Blogwalking Yang Efektif ini. Jika tidak akan diproses secara DMCA Takedown yang tentu saja tidak baik akibatnya bagi blog saudara. Terima kasih atas perhatiannya

/[118 komentar Untuk Artikel Tips dan Cara Melakukan Blogwalking Yang Efektif]\
Unknown mengatakan...

iya gan ku juga gak seberapa suka nyepam,lebih baik minta kunbal,daripada memberi link hidup di komentar,seperti ini,kunjungi balik ya gan,hahahahahaha

zigzoor mengatakan...

saya nggak pernah nyepam, selalu sportip

Unknown mengatakan...

Wah mantap artikelnya sobat ini kunjungan saya pertama kalinya. :D dari ikerenki.blogspot.com saya jugalagi blogwalking nih.

Unknown mengatakan...

budayakan baca artikel sebelum berkomentar (y)

Unknown mengatakan...

Wah, Saya masih newbi jadi saya harus sering-sering blogwalking ni'infonya sangat bermanfaat gan

Muhammad Kholiq mengatakan...

mkasih bray,, semoga bermanfaat bagi yang membacanya,,,
amieeeeeeeeeiinn

Unknown mengatakan...

maaf sebelumnya saya msh pemula, ada yang bisa menjelaskan gimana yang namanya live link itu ? kunbal itu apa artinya? thanks sebelumnya

Anonim mengatakan...

makasih gan atas infonya sangat membantu ane

Unknown mengatakan...

Artikelnya sangat bermanfaat bro....tuk nambah wawasan tentang eblog yang benar, maklum sy masih pemula. perlu banyak bljr.

Agus Supriyono mengatakan...

oke juga tipsnya mas, dapat ni pengetahuan tentang blogwalking sebenarnya. saya rasa perlu tips ini diketahui para blogger

tahar onqi mengatakan...

ohw begitu ya gan,,
q kalau blogwalking biasanya cuma satu kali saja mengunjunginya..
hehehehe......

Unknown mengatakan...

MANTEB dech, sayange aq masih ga bgtu paham dengan blog, apa lagi kalo bahasa HTML wuih puyeng dech, terima kasih atas masukannya

Unknown mengatakan...

wah trims artikel dasar yang kadang males dikerjakan heheheheh, dan penulisnya tenyata masih muda ya wah jadi mau malu saya, semangaaaaaaaaat............

Unknown mengatakan...

maaf gan,,, ane newbie banget soal blog kayak ginian,,
bisa kasih pencerahan kayak gimana sih contoh komentar yang mencantumkan link hidup?

Unknown mengatakan...

saya suka dengan artikel anda, blogwalking adalah aktifitas silaturahmi. Tentunya kalau nama nya silaturahmi,harus sopan dengan yang punya rumah (blog) dengan cara tidak nyepam. saya mempersilahkan saudara2 kalau mau bersilaturahmi ke blog saya www.bluearmyshoes.blogspot.com
thx all

Unknown mengatakan...

All in one info, satu postingan langsung mencakup banyak informasi tentang blogwalking.. Lengkap dan mantap.. salut

Unknown mengatakan...

Bermanfaat.. Trimakasih masukannya.

Unknown mengatakan...

Gan mending komen pake id/url apa akkun gugel?

Unknown mengatakan...

@Mahotama
Pilihan akun yang baik dalam berkomentar adalah menggunakan id dan alamat url blog saudara. Jika dalam pilihan berkomentar tidak tersedia... Maka anda bisa menggunakan open id blog saudara.

Jika hanya terdapat satu akun untuk berkomentar yaitu akun google,,, maka hanya itu yang bisa anda lakukan,, dari pada tidak berkomentar sama sekali...

Tips dan Cara melakukan Blogwalking Yang Efektif

Anonim mengatakan...

kalo mau blogwalking website yang berakhiran .com, komentarnya sebagai apa yaa ??? maaf saya masih awam

nuhid santai mengatakan...

mantap gan, jadi lebih paham nih soal blogwalking..... bermanfaat... bgt buat yang newbie seperti saya, salam blogger

Unknown mengatakan...

makasih bgt gan info nya, maklum ane masih newbie

Unknown mengatakan...

oh ya gan ane mau tanya kalau page rank sama isi blog yang ditulis ada pengaruh gak sama page rank yang tinggi, maklum gan ane lagi belajar nich, belum ngerti seo sama blog walking makanya ane berkunjung ke blog ini ,,,

salam kenal ya gan ^_^, mohon bimbingannya gimana cara untuk meningkatkan agar blogkita punya page rank yang tinggi

salam

Unknown mengatakan...

ane masih newbie nih gan, artikelnya sangat bermanfaat :)

Anonim mengatakan...

wah, trik yg bermanfaat, thanks ya gan ...

Unknown mengatakan...

makasih gan infonya.. sebenarnya saya juga belum begitu dapat hasilnya sih dari blogwalking ini tapi harus tetap dicobaa.. artikelnya juga cukup bisa dijadikan cara untuk blogwalking selanjutnya gan.. mkasih y gan. sukses

Rizqy Pratama R mengatakan...

gue baru belajar nge-blog nih :D, Makasih bimbingan artikelnya :D, hehehe...

Unknown mengatakan...

makasi infonya.. krn hal yg anda tulis sangat bermanfaat bagi kami yg masi newbie..

Unknown mengatakan...

teima kadih masukan nya,,sangat bermanfaat

PT. RAJAWALI FIBREGLASS mengatakan...

Saya masih pemula dan saya sangat tertarik sekali untuk terjun kedunia blogwalking.

Unknown mengatakan...

Dalam melakukan blogwalking rutin setiap hari atau seminggu sekali 30 menit sampai 1 jam ke minimal 10 blog. Untuk batasan maksimalnya berapa blog ya gan supaya tidak dianggap spam ?

Veronica Dian Sari mengatakan...

Saya lagi belajar blogwalking juga nih , terimakasih untuk tipsnya membantu saya untuk melakukan blogwalking :)
kalau boleh tau maksud dari "Jangan berkomentar dengan menggunakan LINK MATI apalagi LINK AKTIF" maksudnya apa ya hhe ora ngerti

Romli Dot Net mengatakan...

semakin banyak blog yang diwalkingi :)
semakin banyak pula kunjungan baliknya.. gitu gan?

Anonim mengatakan...

Oke, makasih gan. Ane bakal mulai silaturahmi :D

mihawk mengatakan...

Saya suka blogwalking ^^

Arrey_w mengatakan...

Ijin baca gan...nice info..

Yas mengatakan...

Oke gannnnnn

Unknown mengatakan...

thanks pengetahuannya

Anonim mengatakan...

Gitu toh yang namanya blogwalking.,baru tau ane gan..makasih share nya gan

Unknown mengatakan...

Tips yang anda berikan sangat besar manfaatnya bagi saya.Thanks berat..

CV. ANUGERAH MAKMUR mengatakan...

masih newbie ni, makasih infonya

Unknown mengatakan...

terima kasih atas tip yang sangat berguna bagi saya yang masih baru.

Unknown mengatakan...

menarik. saya tambah semangat untuk blogwalking hehe. kalo bisa kunjungi blog kecil saya ya agan2

NES Office mengatakan...

terimah kasih infonya,..sangat membantu untuk saya yang bloger pemula...

Unknown mengatakan...

Yup setuju dengan tulisan ini.. hidup sportip !!!

Unknown mengatakan...

makasih infonya ini sangat bermanfaat bagi saya :)

kopiah hijau mengatakan...

good info

Natara Daily mengatakan...

mantap infonya gan.. makasih ya gan...

Payara P.AIN mengatakan...

trus gimana gan caranya ? apa harus pasang http atau cuma nama blognya gan? butuh pencerahan

Anonim mengatakan...

mantaf tipsnya nih kang.
kalo bisa kunbal juga ke blog ku hehehe.

Unknown mengatakan...

waw.... postingannya sangat bermanfaat bagi saya gan, dan jg bagi para agan blogger yg lainnya, nice share pokonya gan, makasih gan ilmunya! :D

Parkville Serpong mengatakan...

permisi akang.... mau belajar jalan-jalan atau sekedar mampir
jika bersedia mampir kang di blog saya terima kasih

Admin mengatakan...

bang cara mengetahui pagerank blog gimana ya?

finamustikaspoem mengatakan...

saya suka saya blogger baru saya harap dengan melakukan blogwalking komentar di blog saya banyak

Anonim mengatakan...

masih pemula, mohon bimbingannya

anto_banten mengatakan...

Terima kasih atas informasinya, sangat bermanfaat, saya sejak dulu suka nulis blog tapi belum secara mendalam memahami apa itu blog...hehe....trims.

Cah Bantul mengatakan...

Caranya mengetahui blog dengan ber page rank tinggi itu gmn gan ?
kan di salahsatu tips ada disuruh koment di blog yang berpage rank tinggi .
terimaksih gan

mang derry mengatakan...

makasih sarannya sob akan ane coba

Nina Mitami mengatakan...

Alhamdulillah, makasih banget atas infonya Om Riki terutama buat newbie spt saya... Thank youuu ;)

wisatabdg.com mengatakan...

Terima kasih infonya.

NejiKun mengatakan...

emang btul sih , tapi mau gimana lagi, blog ane butuh perhatian
kunjungi balik ya :D

Syahrizal mengatakan...

haha saya sering melakukan blogwalking, saya sangat banyak menemukan hal2 yang telah saya baca diatas :D

egagology mengatakan...

makasih infonya gan
sangat bermanfaat

Anonim mengatakan...

wah.. artikelnya sangat bermanfaat.

Anonim mengatakan...

wah.. artikelnya sangat bermanfaat.

Unknown mengatakan...

haha makasi y gan infonya .. pas banget aku juga lagi bingung, gimana caranya agar web ku laku dipasaran hahahah ..

WickyF mengatakan...

makasih gan,, kayaknya bakal dibiasain nih blogwalking.. soalnya masih baru banget mengenal yang namanya blog blog gitu :D

WickyF mengatakan...

blogwalking emang sangat efektif sekali sob,,
apalagi bagi blog baru kya` saya.. :)

selamat malam... :)

Firman mengatakan...

memang susah kalo mengikuti aturan :D
tapi gk ada alasan untuk nyempam tetap sportif heheh

Anonim mengatakan...

Saya juga lagi blog walking nih. Senang mampir ke blog ini. JAdi nambah ilmu juga gimana sih cara log walking yang efektif. Makasih yaa

Anonim mengatakan...

thanks atas infox, mau di coba nih hee

Danur Ari Santoso mengatakan...

Hallo salam kenal :)
ane tercerahkan setelah baca artikelnya.
makasi :)

torez mengatakan...

blog walking dan link exchange apakah masih efektif buat naikin PR google? makasih

Imam Muklas mengatakan...

Terimas Kasih Infonya Gan. Lagi belajar blogwalking nih, buat master-master bolehlah panduan buat ane hehe

Nur Annisa mengatakan...

selama ini saya cuman baca artikel aja di blog orang.
ga pernah komen, baru-baru ini aja lagi semangat ngeblog lagi :D
mulai sekarang mau rajin blog walking ah

Unknown mengatakan...

Mantap.. Etika di dunia nyata dan di dunia itu harus ya ga.. :)

zzz mengatakan...

pada awal nya saya kurang ngeri tentang blogwalking, saya kira awal nya cuma comment link blog kita udah gitu aja,
terimakasih atas penjelasan nya kang,
kalo sempet mampir kang ke blog kecil saya.

niddumulu mengatakan...

budayakan baca artikel...hihihi

alam pangandaran mengatakan...

semangat indahnya berbagi..mungkin itu kata yg pantas bagi para blogwalking

Pak Boim mengatakan...

artikelnya sangat bermanfaat, terima kasih sudah mempostingnya.

MQ mengatakan...

artikelnya lumayan membantu ..... jadi tau manfaat dari blog walking ....
thanks buat infonya ...

Unknown mengatakan...

Sangat bermanfaat bagi saya sebagai pemula,,,, terima kasih infonya.

lienaazmie mengatakan...

terimakasih panduannya...semoga bermanfaat bagi newbie seperti saya

As125D mengatakan...

mantap tutorialnya. saya suda lama ngeblog tapi tidak tau cara blogwalking yang baik dan benar.

Anak Nelayan mengatakan...

lengkap tutornya, jian maknyoss

Saliman SP mengatakan...

Baru kali ini saya nemu tips blogwalking. Iya bner gan ane baru main blo jadi gak tau sya sering nyantumin link hidup dlm komentar. Tapi yang saya tanyakan kalau gak nyantumin blog walking itu gmna saya dapat backlink gan. Maaf saya baru gak tau lo tanya gtu?terutama buat yang no follow mkasih

mongkycloth mengatakan...

dicoba gan pentunjuknya
jalan jalan dlu ke tempat yang lain byee

Unknown mengatakan...

wah info yang seger ne gan.. ijin comot + praktek gan ... (y)

Surya mengatakan...

Lagi cari cara efektif buat blog walking. Lumayan sharing ilmunya.

Btw, box comment nya gak ada textbox site/url nya ya?

Sayang banget.

Anonim mengatakan...

Hal yang terpenting dalam blogwalking adalah menambah wawasan dari blog yg kita kunjungi

Anonim mengatakan...

Hal yang terpenting dalam blogwalking adalah menambah wawasan dari artikel yang terdapat pada blog atau situs yg kita kunjungi

Sintha Kesehatan mengatakan...

benar kang ini sangat berguna bagi blog juga neambah silaturahmi

Unknown mengatakan...

wah mantap saya juga mao ikutan blog walking juga nih thanks informasinya gan dan salam kenal semua ane masih newbi

Unknown mengatakan...

wah bagus juga nih informasinya ane juga mao ikut blog walking dah salam kenal semua ane newbi happy blog walking semua

2G generation mengatakan...

terima kasih gan, artikel nya sangat membantu saya yang sedang memahami blogwalking. toniahmadsubekty,blogspot.com mengucapkan banyak terima kasih.

Unknown mengatakan...

makasih info nya sangat bermanfaat,,,,
seperti nya itu komentar standar yaaa ?? hehehe...
tp emang bermanfaat kok ^_6

Anonim mengatakan...

Berkunjung ke blog sahabat alias blogwalking berharap dapat kunjungan balik yang nota bene kata SEO cara mendapatkan untuk bog. kalau ada kesempatan mampir gan terima kasih

Admin mengatakan...

memang, blogwalking = silaturahmi = menambah saudara, memperbanyak rezeki = moneytize :D . matur nuwun mas tips nya

Unknown mengatakan...

blogwalking bisa berfungsi untuk menghilangkan stres, mungkin karena banyak hal, seperti di tolak adsense, capek bikin artikel. Intinya blogwalking bisa bikin blog sehat, menambah teman menambah ide baru, dll

Unknown mengatakan...

trimaksih banyak ya Maz atas info nya,.

Anonim mengatakan...

Mantap artikelnya sob. Artikel-artikel seperti inilah yang menurut saya sangat diperlukan. Karena selain bisa menjadi referensi ilmu bagi pembaca juga dapat dipraktekkan dengan mudah. Teruskan karyamu sob :)

Unknown mengatakan...

Terimakasih infonya sangat bermanfaat bagi saya

Anonim mengatakan...

Trima kasih informasinya gan, sangat bermanfaat....

Unknown mengatakan...

Benar gan . kadang setiap orang BW selalu ninggalin link aktif. tai setelah saya membaca artikel ini saya jadi tau . terima kasih gan . di tunggu artikel berikutnya

PRASETIA WIRANATA mengatakan...

mantap om tipsnya buat pemula seperti ane..
kalo berkenan kunjungi blog ane om
indonesiasangatindah.blogspot.com

Marcelino Lisadova mengatakan...

mantap infonya, bisa nambah pengetahuan newbie blog

BASRI YUDIANTO mengatakan...

terima kasih atas informasinya, karena dari artikel ini sangat bermanfaat dan memberi tahu agar tidak melakukan spam.

Unknown mengatakan...

firafitria


blog nya saya suka kak, dengan saya nemuin blog ini saya semakin tahu cara nge-blogwalking dengan benar & tidak spam...
dengan saya nyoba nge-blogwaliking saya yang pertama ini semoga tidak menjadi spam ya kak...
tolong di maklumi ya....

Unknown mengatakan...

Infonya Bagus Banget ini. Patut dicoba. Thanks gan Infonya (y)

enterpulsanasional.blogspot.com mengatakan...

Maksih Gan info nya...bw sangat bagus untuk sebuah blog

Unknown mengatakan...

nah ini ni yang dibutuhkan para blogger indonesia !
terus berkarya bang !!

Unknown mengatakan...

makasih bayak untuk infonya mas riki. saya jadi tau gimana, kapan dan harus apa saat BW. saya takut salah atau di kira spam seperti yg mas riki postingkan ini. karena saya baru dalam dunia blogger ini. jadi saya perlu berterima kasih yang sebuanyak banyaknya :D

jojokerr mengatakan...

makasih gan atas infonya sangat membantu

Unknown mengatakan...

makasi banyak informasinya gan, sangat bermanfaat, senoga mendapatkan pahala .

Lirik Lagu Aceh mengatakan...

dari beberapa artikel yang saya baca, memang dikatakan blogwalking ini efektif membangun link. Asal jangan terlihat seperti seorang spammer. Bahkan google saja dapat menandai kita sebagai seorang spammer.

Yang ingin saya tanyakan, kan diatas disaranin blogwalking ke PR yang tinggi. Gimana kita tahu kalau pr sbuah blog itu tinggi? Karena setau saya page rank sekarang sudah tidak ada lagi.

oh 1 hal lagi, blogwalking dengan meninggalkan link did alam kolom komentar itu tidak etis, saya setuju

Unknown mengatakan...

blogwalking memang sangat diperlukan untuk menambah kunjungan ke web kita, tulisan bagus kak. mudah-mudahan bisa menambah ilmu bagi saya yang masih newbie. kunjungin juga website saya www.learadinka.com

Unknown mengatakan...

Semoga sukses selalu admin

Panthera Tigris mengatakan...

Apalagi pakai scrapebox, sekali blast nyampe 2000an, tujuannya bukan nyari backlink, tapi justru beriklan kepada admin. Cara ini menurut saya efektif walaupun tidak etis. Btw kunjungi blog saya ya (blog tentang agribisnis): http://www.benih.space

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca artikel di atas, kalau boleh dibantu tolong berikan komentar yang relevan sesuai dengan topik pembahasan artikel di atas. Anda diperbolehkan berkomentar dengan memperhatikan hal-hal berikut:
1. Komentar jangan mengandung SARA dan PORNO.
2. Jangan berkomentar dengan menggunakan LINK MATI apalagi LINK AKTIF.
3. Jika anda orang Indonesia yang cinta tanah air, maka berkomentarlah dengan bahasa baku dan sopan.
Jika komentar anda melanggar syarat di atas, maka komentar anda tidak akan saya publish dan akan saya tandai sebagai SPAMER.

Terima kasih atas kunjunganya ^_&